Sabtu, 16 Januari 2016

Prestigious Moment - MT STAR Danone 2016


Haloo...
Setelah sekian lama ga nulis, sekarang gue muncul lagi hahaha. Kali ini gue nulis tentang perjalanan gue untuk menjadi seorang MT STAR 2016 Danone.
Sebelumnya, gue mau jelasin dulu, program Management Trainee (MT) adalah suatu program fast track dari suatu perusahaan untuk para fresh graduated yang di training untuk menjadi Leader-nya perusahaan. Posisi MT itu posisi yang sangat bergengsi, dan karena MT itu nanti akan menjadi Leader perusahaan, maka tahapan proses rekrutmennya pun sangat PANJANG dan KETAT.

Sejak sudah di pertengahan smster 1 kuliah Apoteker, gue uda mikir kalo nanti lulus, gue pengen banget lamar posisi MT, di perusahaan FMCG. Sebelumnya, gue ga tau MT itu apa. Bukan hanya MT, sebelumnya gue bener-bener buta tentang pekerjaan nanti di saat gue lulus. Gue cuman tau posisi QA,QC, Regulatory, atau Marketing. Tapi Thanks God, punya pacar yang pinterr dan bisa di manfaatkan (oops). Berkat pacar, gue jadi tauuuu banyakk tentang dunia pekerjaan. Ga tau akan jadi manusia apa kalo tidak dibimbing sama pacar (sumpah ini beneran ga dilebay-lebaykan).. He's the best Boyfriend

Oke lanjut...

Gue sebelumnya pernah lamar MT Beiersdorf. Pengalaman paling memalukan karena itu pertama kalinya gue menghadapi interview kerja (interview kerja buat SPG ga dihitung karena itu itvw ecek" hahah). Dan, interview Beiersdorf dalam bahasa Inggris. Cukup sangat menakutkan buat gue, seorang yang tidak jago bahasa inggris hufft. Tapi English emang wajib banget, karena sekali kita mau kerja di perusahaan MNC (multinasional/ asing), interviewnya pasti in English.

Gue tau MT Star Danone ini dari Kak Shiera (senior farmasi 2010 nan cantik yang skr MT di GSK woow). Kak Shiera yang kasih tau tentang MT Danone karena sebelumnya dia emang lagi berjuang buat MT Nestle. Ceritanya kak Shiera emang ngincer MT juga.

MT STAR 2016 Danone
Aplikasinya mulai dibuka tanggal 24 Agustus -23 Sept 2015. Saat itu gue masih PKPA di Taisho, Depok. Hampir tiap hari gue baca blog-blog orang tentang perjalanan mereka di recruitment MT Star Danone. Oke, yang dapat disimpulkan dari blog-blog yang gue baca, Proses rekrutmen MT Star Danone ini SUPERRR PANJANG. Huff
Tiap tahun, tahapan rekrutmen MT Danone kurang lebih sama. Paling hanya beda-beda dikit.
Di MT Danone, banyak banget divisinya. Kalo gue ga salah, ada sekitar 10 Divisi untuk 3 CBU.
Kuota untuk MT Danone 2016 sendiri sekitar 30-50 orang, gue ga tau tepatnya berapa.


1. Online Application and Online Assesment Test (24 Agustus -23 Sept 2015)
Tanggal 5 September 2015...
Gue mulai isi online applicationnya. Yaa sekedar isi CV secara online sih. Ga ada masalah apa-apa di tahapan ini. Cukup simpel. Setelah kita isi semua, nanti kita akan di kasih username sama password buat nanti kita login di web untuk kita online test. Online test bisa dilakukan kapan aja sejak kita dapat username sama password, pokoke terakhir ngerjain online tes adalah tanggal 23 Sept 2015.

Tanggal 13 September 2015, hari Minggu
Gue tentukan sebagai waktunya gue online tes. Baca-baca dikaskus sih, orang-orang yang uda ngerjain katanya terdiri dari 6 tahapan test. Kira-kira selama 2 jam lah untuk total semuanya. Masing-masing bagian punya waktu sendiri.
Gue lupa tes nya apa aja, pokoke ada tes semacam IQ gtu, tes kemampuan numerik (Matematika, rada susah), tes kemampuan verbal, Business English Indicator ( 60 soal, paling lama, paling cape), personality tes (90 soal, psikotes biasa tentang diri kita), satu lagi lupa.. hahahha
Waktu gue mau ngerjain ini, gue minta orang rumah jangan ada yang berisik, dan jangan ada yang gangguin gue. Gue butuh focus dan konsentrasi. Jangan ada yang konek WiFi juga karena gue ga mau WiFi nya ngadet trus ngeganggu online test-nya. Hahhaha
Sebelum mulai, berdoa dulu ... =)
Setelah 2 jam, akhirnya gue selse deh ngerjain online test-nya.
Lumayan susah juga sih, terutama dibagian English Business nya hahaha..
Untuk yang tes numerik butuh ketelitian tinggi, gue ga jawab soal terakhir karena waktunya uda habis. Kalo ga salah waktu buat numerik itu sekitar 15 - 20 menit. (Lupa)
Tips : Siapkan WiFi yang kenceng, otak , pensil, kertas, dan kalkulator.

Tanggal 29 September 2015, hari kedua terakhir PKPA Taisho
Gue dapat email dari  HR Danone, yang berisi email daftar kandidat yang lolos online tes .
Deg-degan...

Praise The Lord !! Nama gue ada di dalam file PDF tersebutt.. Yihaaa ! (kegirangan, masih di Taisho)



Tahun ini yang apply ternyata lumayan banyak. 15.000 orang, dan yg lolos online test, ada 2000 org. Masih banyak bangett..


2. Focus/ Leaderless Group Discussion (FGD)
Tahapan berikutnya adalah FGD. FGD ini dilakukan dibeberapa kota besar. Pas awal online application, gue uda pny firasat kalo tahapan selanjutnya pasti gue uda PKPA di RSHS, jadi makanya gue milih Bandung sebagai preference gue. Ternyata beneer kan..
FGD gue dilakukan tanggal 12 Oktober 2015.
Sebelumnya, gue uda berdoa terus biar di tanggal 12 Oktober, tidak ada kegiatan apapun di RSHS, karena gue harus kabuurr..
Bahkan sebelumnya gue uda mengarang alasan untuk ijin. Huuuh maafkan gue yah pembimbing RSHS =(

Thanks God, tanggal 12 Okt 2015 tidak ada kegiatan apapun di RSHS, jadi gue bisa kabur dengan tenang (loh)
Sebelumnya, gue ga pernh ikut FGD. Bahkan gue bingung harus gimana. Akhirnya, private lesson dengan pacar. Diskusi-diskusi tentang FGD dan dibekali ilmu dari pacar.
Oh ya, tak hanya dari pacar, gue juga sempet tanya-tanya sama Kak Shiera. Secara dia kan uda pro FGD sana sini. Hahahha jadi minta wejangan dikit. Trus tanyain hal ini itu yang ga gue ngerti.


Tanggal 12 Oktober 2015
Gue kebagian sesi jam 1. Dari jam 11 siang, gue uda kabur dari RSHS menuju ITB.
Oh ya, yang di Bandung, LGD dan interview HRD nya di lakukan di Aula Barat ITB.
Sampai di ITB..
Gue kepagian sih sebenarnya. Hahha tapi bingung juga, nunggu di RSHS malah bikin deg-degan. Jadi mending di TKP aja langsung.. Saat gue sampai, sesi jam 8 masih belum kelarr...

Di sana, gue kenalan sama 1 cewe. Namanya Clarissa Suteja. Anak UNPAR.. dia sesi jam 1 juga.
Waktu uda mau jam 1, kita di suruh nulis nama di sebuah kertas gtu. Dari kertas itu sih keliatan banget pola kelompoknya. 1 grup LGD isinya 6 orang.
Saat gue isi nama gue, gue langsung isi di kolom kelompok 1.
Dan ternyata bener, gue di kelompok LGD 1. Baguslahh.,. hahah Masuk duluan, Pulang duluan.

Jam 1..
Kita pun di panggil masuk sekelompok. Sekali masuk, ga cuman 1 kelompok, ada banyak kelompok. Mungkin sekitar 10 kelompok (?).
Sumpyilll... Gue deg-degan parah.. Huuufff.. Tegang banget rasanya..
Pas lagi jalan ke meja kelompok, gue kenalan tuh sama teman sekelompok LGD. 5 cewe 1 cowo.
Jadi ditiap kelompok LGD, ada 2 assesor yang menilai. Dari yg gue pantau sih (masih bisa ngeanalisis padahal lagi LGD hahah), 1 assessor ngenilai 3 orang. CV gue waktu itu gue kasih ke Mas Dias (uda tau namanya, baca di tahap berikut).
Pertama, Mas Dias ngejelasin rules LGD nya. LGD nya terdiri dari 2 tahap. Tahap pertama 10 menit untuk baca masing-masing dan nulis di kertas masing-masing. Tahap kedua 20 menit untuk diskusi. Keputusan akhir ga boleh voting.
Selama tahap pertama, gue masih tegang dan deg-degan. Jadi agak kurang fokus dalam mencerna soalnya. Tapi ya lama kelamaan jadi fokus sih dan ngerti inti masalahnya. Kita disuruh prioritasin 3 masalah dari total 6 masalah yang ada.
Tahap kedua, kita diskusi..
LGD kelompok gue berjalan LANCAR. Ngga ada yang saling ngotot pendapat, semua punya pendapat masing-masing tapi in the end, meski agak mepet, kita bisa selsein LGD dengan kasih kesimpulan dan solusi.
Keluar dari ruangan, kita satu kelompok senyam senyum, saling berterima kasih buat kerja samanya. Trus saling ngobrol juga. Ternyata satu grup LGD gue ada 2 anak UNPAD juga heheh.
Habis LGD, gue langsung pulang.
Oh ya, thanks untuk Clarisaa yang mau anterin gue balik ke RSHS. Hehehe Ngobrol sama Clarissa di mobil ttg LGD kelompok dia. Ternyata dikelompok dia pada ngotot banget sama pendapat masing-masing. Katanya, LGD nya ga mencapai kesepakatan. Soalnya masih ada yang ngotot.

Kandidat yang lolos LGD, akan dikabari nanti sore. Yang lolos, langsung interview HRD besokkannya..
Fyuuhhh.. Di kosan di bandung, gue deg-degan nunggu hasil LGD. Sambil mantau twitter Danone siapa tau uda keluar pengumuman.
Pas jam 7an, akhirnya ada email masukkk... Jeng-jeng-jeng...

Praise The Lord ! Gue masi lolos LGD dan bisa interview HRD besok.
Thanks God juga gue dapat interview sesi jam 1 lagi. Heheh
Dari kelompok gue, yang lolos ternyata cmn gue. Jujur Gue heran, soalnya dikelompok gue aktif semua. Fine-fine semua. Gue ga tau gmn sebenarnya penilaian dari assessor.


Jumlah peserta ddari Bandung saat itu sekitar 400an.
Yang lolos dari LGD hanya 74 orang. Cukup ketat dan serem juga..

Kunci LGD : Be humble, be wise !

3. HR Interview
Tanggal 13 Oktober 2015
Seperti biasa, gue kabur dari RSHS (Maafkan aku teman" dan pembimbing" )
Jam 11 gue uda berangkat ke ITB, kepagian . Lagi . Hahahaha Belum ada kandidat jam 1 yang datang, baru gue yang pertama. Di dalam aula, masih ada yang interview. Kali ini, gue ga begitu deg-degan. Semuanya sudah dipersiapakn semalam.
Ga berapa lama ada 1 org datang. Kenalan sama dia yang ternyata dari Polban, ngobrol" sama dia lumayan banyak. Ternyata di uda kerja di IFF, tapi di karawang, bukan yang di Kamp. Melayu Jakarta.
Berhubung gue datang pertama, jadi gue no urut pertama.
Kalo kata mas-mas HRD nya sih, first come first serve
#asek dah. Bisa cepet interview trus langsung balik lagi ke RSHS. Hehhe
Jam 1..
Di panggil masuk. Sekali masuk bisa sampe 20 orang keknya. Gue ternyata di interview sama Mas Dias (assesor LGD gue kmrn) hahaha.. Pas awal salaman, dia blg, wah kita ketemu lagi yah.. Trus gue ditawarin permen coklat (buenos klo ga salah), biar ga grogi hahhaa..
Oh ya, interview HR nya in English.
Interview gue kurang lebih 40 menit lah. Di tanya seputar kepribadian dan CV ...
Selesai interview, gue keluar dengan senyum. Lega karena interview HR nya bisa berjalan dengan lancar.. Meski ada sedikit bagian gue yang konyol sih huufff. Tapi ya udahlahhh..
Berdoa yang terbaik...


Nungguin hasil interview HR ini SUPER LAMAAAA... Soalnya harus nunggu semua LGD dan Interview HR di kota-kota lain beresss... Kira-kira awal november.
Gue pantauin twitter Dancomm terus. Katanya, hanya kandidat yang lolos yang akan di email. Kalo yang kemaren-kemaren kan lolos ga lolos di emailin semua tuhh...
Uda awal november, masih tidak ada kabar. Di kaskus pun pada saling tanya uda ada yang dikabari atau beluum. Ternyataaa, sudah ada yang dikabari lolos dan akan interview user. Huu gue sedih. Perasaan interview HR gue kemaren berjalan lancar.. Sedih bangett.. Eh ternyata baca twitter Danone, ternyata emang belum semua di kabari.. Cuman beberapa divisi sama CBU yang emang uda ada yang email, katanya sabar aja.
Tanggal 23 November 2015..
Gue dpaat email dari HR NIS (Nutricia Indonesia Sejahtera) kalo gue loloss untuk tahap berikutnyaa, yakni Interview Userr.... OMG !! Bahagiaaa bangettt. Dan di email tersebut juga nulisnya, kemungkinan bisa lolos di 2 divisi atau 2 CBU.

Besokkannya, gue dapat telpon dari Nutricia, dari Mas Peter..
Dia ngasi jadwal interview user tanggal 3Desember 2015 . OMG ! Gue ga bisa tanggl segitu karena gue sidang UPP huff. Tapi ternyata ada hari lain, tanggal 2 Desember 2015, jam 2 siang. Oke, gue setuju yang tanggal 2 Desember..
Sore itu, gue dapat email lagi. Ternyata sekarang dari Sarihusada. Isi emailnya, ternyata gue lolos juga untuk tahapan berikut, yaitu interview user . Gyaaaa! Senengnya, berarti ada chance lebihh.. Thanks God bangett bangettt..

Besoknya, ada telepon dari Sarihusada. Katanya  interview user tanggal 3 Desember 2015. Whatt !! Kenapa tanggal 3 lagii ya Tuhan.. trus gue bilang ga bisa, gmn kalo tanggal 2 Desember aja gue tanya, biar gue sekalian interview 2-2nya di hari yang sama. Ternyta kata mba Tris, ga bisa.. Bisanya tanggal 4 Desember jam 11 Siang. Oke, gue bilang tanggal 4 Desember aja.

Huff !
Bayangkann !! Gue tanggal 3 Desember 2015 ada sidang UPP, di Jatinangor. Tanggal 2 Desember dan 4 Desember gue ada interview User di Jakarta. Tanggal 5 Desember, gue ada Try Out Ukai Lokal di Jatinangor. 
OMG ! Saat itu, gue ngga tau harus gmn. Antara senang, dan cape karena uda mikir menjalani nya pasti uda cape banget. 


4a.  Interview User Nutricia ( 2 Desember 2015)
Pagi-pagi jam 9, gue berangkat dari kosan Jatinangor ke Jakarta. Sekitar jam stgh 1 gue sampai Jakarta dan langsung pake gojek ke gedunng Cyber 2 Tower Kuningan.
Seperti biasa, gue nyampe selalu kepagian. Hahah Emang prefer kepagian daripada telat atau mepet.
Jam 2 tepat, gue mulai interview user.
Tension buat interview User ini lumayan tinggi. Secara, kita yang nanti akan gabung dalam team mereka. Oleh karena itu, gue uda persiapin dengan baik untuk interview user ini.
BAHKAN, gue melakukan hal yang sangat konyol untuk persiapan interview User ini. Oke, jadi yang gue tau, Nutricia ada 2 produk, Nutrilon dan Bebelac. Tapi setelah gue telusuri, gue ga tau bedanya apa, Akhirnya gue mutusim buat chat dengan  customer care nya Bebelac yang ada diwebsite Bebelac. LOL !! Gue chat waktu itu uda malam banget, jam 10-11 malam. Ternyata cust care nya masih ON ! WKWKKWKW
Oke, jadi gue tanya ke Cust Care (CC) nya, apa bedanya bebelac dan nutrilon. Trus CC nya nny balik, "sebelumnya, anak ibu umur berapa ya?"
NAH LOH !!! Hahahhaa akhirnya gue bilang, "Anak saya umur 3 tahun, mba." kwkkwkwkw
Ya percakapan gue berlangsung 20 menit, tapi pada akhirnya, gue masih ga tau beda spesific antara keduanya. (Maaf Mba CC sudah mau dibohongi sama saya, hahah terima kasih banget sebelumnya)

Lanjut,
Interview nya sama 2 user dan 1 HRD (mas Peter). Interviewnya in English (udah pasti). 
Gue di interview sama Bu Rita sama Pak Donny.So far, menurut gue, interview gue berjalan lancar. English gue juga lancar (Puji Tuhan ya :")
Semenjak Interview in English melulu, mendadak kemampuan English gue jadi naik (Mau ga mau emang harus naik). Tips : Perbanyak nonton film tanpa subtitle !

Selesai interview User, gue buru-buru balik ke Jatinangor. Besok sidang UPP cuyy...
Pengumuman sidang UPP langsung malam harinya. Puji Tuhan semua lulus. Meski sebenanrnya gue amat sangat tidak maksimal di sidang UPP karena kurang belajar (atau karena pengujinya yang triple killer semua?)

BAD NEWS mendadakk !!
Temen gue bilang, Try Out UKAI Lokal dimajuin jadi tanggal 4 Desember 2015. Whatt ?? gue stress.. Gue harus gimana, nih tanggal 4 desember kan gue ada interview user Sarihusada. Mau nangiss ajaa.. Curhat ke Pacar. Dikasih saran untuk coba ngomong ke Sarihusada nnya waktu lain bisa atau ngga.,..
Puji Tuhan, ternyata sama mba Tris dibales bisa. Tetep tanggal 4 Desember tapi jadi Jam 4 Sore. Sebelumnya kan jam 11 siang. Fyuhhh.. Syukurr dehh !
BAD NEWS keDUA !!
Ternyata Try Out Ukai dibagi 2 kloter, satu kloter 200 menit, dan gue kebagian kloter 2. Whaattt !! Mana sempet gue berangkat ke jakarta, belum macetnya dan lain-lain. Panik . Sedih. Pusing.
Akhirnya, malam-malam gue coba telp Pak Angga. Gue jelasin semuanyaa. Sampai akhirnya, gue boleh pindah ke kloter pertama. Mulai jam 8. (Otomatis beres jam 11).
Singkat cerita, gue TO Ukai, beres jam stgh 11, langsung menuju ke terminal dan menuju Jakarta.

4b. Interview User Sarihusada ( 4 Desember 2015)
Thanks God, jalanan lancar tanpa ada macet. Gue sampai Jakarta jam 2 siang, masih kepagian (as always). Langsung menuju Cyber 2 tower.
Sarihusada ada di lantai 15. Pas jam 4, gue mulai di interview. Kali ini sama 2 user. Gue lupa namanya. 2-2nya cewe. Interview User gue yang ini berjalan kurang baik. Gue kurang bagus dalam menjawab, gue bisa rasain sndr kok. Keluar dari ruang interview, gue sedih. Hahhaha
Keknya gue bakal fail. Hikss..



Setiap hari gue selalu ngecheck Kaskus. Kali-kali ada yang uda interview VP atau Director. Sambil harap-harap cemas, soalnya yang Sarihusada interview kemaren kan uda jelek banget hikss.. Kalo yang Nutricia mending sih..
Oh ya, pas habis interview user Sarihusada kemaren, ada absen gtu. Gue orang terakhir yang absen. Semuanya uda interview. Hahaha Total yang intervew untuk User Medical Sarihusada ada sekitar 9 orang, termasuk gue. Jeng-jeng-jeng... Minggu depannya gue baca kaskus, eh ternyata ada yang uda interview Director Sarihusada. Kebetulan gue tau orangnya karena gue baca namanya pas ngabsen. Dia divisi Medical Sarihusada juga.
Yaaahhh... Pupus sudah harapan gue.. Menyesal kenapa waktu interview User Sarihusada kurang maksimal. Sedih, karena uda sampai sejauh inii, tapi harus gagal. Hikss...


Tanggal 10 Desember 2015..
Gue lagi di travel Arnes menuju Bandung. Mau main-main refreshing sama temen-temen gereja di PVJ. Kira-kira masih di tol KM 135 jam 17.40, ada telepon dari Mas Peter (Nutricia). Langsung ngangkat !! Mas Peter bilang, kalo gue LOLOS untuk ke tahap selanjutnya, yaitu interview Vice President . YUHUUUU !! Senengnya bukan main. Eitsss, ternyata interviewnya dilaksanakan BESOK !! Tangal 11 Desember !!
WHATT !!
Trus gue bilang ke mas Peter, agak shock, kenapa mendadak besok, soalnya kan gue stay di Bandung. Cuman mas Peter bilang, VP-nya uda ga ada waktu, soalnya mau cuti libur. Jadi harus banget besok. Jam Interviewnya cukup sore, jam 6.

FYI nih .... Gue tanggal 11 Desember pagi itu ada sosialisasi TO UKAI Nasional. Tanggal 12 Desember itu TO UKAI Nasional. Panikk, Pusing, Capek.

Tanggal 11 Desember 2015, harii Jumat
Sosialisasi TO UKAI mulai jam 9. Gue uda harap-harap cemas. Gue takut ngaret acara sosialisasinya, belum lagi jalanan tol ke jakarta di hari JUMAT. Pusing. Akhirnya Sosialisasi selse jam 11an siang. Gue langsung cus ke terminal Cileunyi dan ga berapa lama langsung ada Bis Primajasa datang. Thanks God !
Tuhan itu baik. Gue sampai Jakarta ga ada macet sekalipun. Bahkan jam stgh 3 gue uda sampai di Jakarta. Karena Interview VP nya jam 6, maka gue putusin untuk datengin Job Fair di PPM Management dulu (Hahahah gue orangnya sangat OPORTUNIS).... Sebelumnya gue emang ada rencana balik Jakarta tanggal 11 Desember buat datengin jobfair ini. Namun karena ada jadwal mendadak kampus yang ngeharusin dateng sosialisasi, maka rencana gue batal ... =(
As always, kampus gue selalu suka ada perubahan jadwal, jadwal mendadak, dan segala macam. Hal inilah yang selalu membuat gue takut dan was-was dan kesel..
Jam 3 gue nyampe di PPM School. Sampe di Jobfairnya gue langsung menuju stand yang gue tuju, Boehringer, Mahakam Grup dan Kino. Saat itu rambut gue kucel abis, penampilan gue berantakan abis, tapi ya udalah.. Gue juga buru-buru karena Jobfairnya tutup jam 4 sore. Gue cuman ada sejam dan BAHKAN, stand Boehringer lagi beres-beres mau tutup. Selangkah lagi gue telat. Tapi untunglah masih sempet., Hahahah.
Singkat cerita, gue beres dari JobFair jam stgh 5. Langsung menuju ke Cyber 2 Tower.

Pas gue sampe, di sana uda ada 2 orang yang mau interview juga. Wah berarti yang lolos ada 3 orang, termasuk gue (pikir gue).
Sambil nunggu giliran interview (gue urutan ke-3), gue ngobrol-ngobrol sama mas Peter. Ternyata yang akan interview VP itu ada 5 orang. termasuk gue. (Kirain gue cuman 3). 4 orang interview di hari ini, satunya lagi di lain hari.


5a. Interview VP Nutricia
Jam 6, gue interview. Interview ini merupakan interview dengan tingkat ketegangan paling tinggi. Secara VP adalah orang yang jabatannnya tertinggi kedua, yang akan langsung melaporkan ke President.
*ngutip dari blog yang gue baca
Ibarat kalo misalnya kita kerja di Danone, kita tuh hanyalah Amoeba (makhluk ber-sel 1) sedangkan VP itu adalah singa betina yang dalam rantai makanan berada di posisi paling tinggi. bayangkan betapa kecilnya kita . LOL
Gue di Interview sama Mr. M..Ternyata beliau adalah orang Malaysia. Interviewnya uda pasti dalam English.
Interviewnya berlangsung sekitar 30 Menit. Pertanyaannya sangat mendalam. Bahkan gue disuruh kasih contoh hal real yang uda gue lakukan yang bisa convince beliau kalo gue cocok untuk jadi MT ini. Selain itu, gue di kasih juga satu kertas, disuruh gambarin grafik hal-hal yang telah gue lakukan sejak gue berumur 0 tahun sampai 22 tahun.
*muter otak berusaha nginget semua hal*
Selama gue lagi mikir dan bikin grafik, Bapaknya bilang, "Now I know why you have a high GPA".
Gue senyum doang, meski gue ga ngerti dia kenapa bisa simpulin begitu. Apakah dari cara gue mikir dan grafik? Entahlah...
Selesai bikin grafik, Bapaknya nanya-nanya tentang grafik yang uda gue buat. Setelah itu, bapaknya nanya, ada yang mau gue tanyain tidak. Sebenarnya selama interview HR dan User kemaren-kemaren, gue uda sangat banyak nanya. Dan gue ga tau mau nny apa lagii ke VP. Akhirnya gue tanya hal lain yang tidak begitu berhubungan dengan MT. Tapi Bapaknya tetap mau jawab kok. Beliau sharing pengalaman dia.
Ga berasa 30 menit berlalu, gue keluar..
Ada lagi yang mau interview selain gue..


Gue langsung buru-buru balik ke primjas. tapi sayangnya, HUJAN dan MACET. OMG ! Mau sampe Jatinangor jam berapaa.. Hiksss..
Akhirnya gue jam 8 malam baru jalan bis nya dari Jakarta. Jam 11an lewat, gue baru sampai Jatinangor. Gue di jemput sama Mas Rangga. Thanks banget sama Mas Rangga uda mau jemputin, kalo ga, gue uda takut banget gmn caranya balik kosan. Secara Jatinangor saat itu lagi heboh kriminal. Hikss.. But Thanks God, gue sampai ke kosan dengan selamat. Langsung tidur ! Ga belajar lagi buat TO UKAI nasional besok.


Tanggal 14 Desember 2015..
Ada telepon dari 021 lagi.. Semenjak jadi jobseeker, gue sangat sensitif dengan telpon yang awalannya 021. Kadang kesel juga sih abisnya ternyata 021 yang nelpon itu JNE atau ga dari bank Nawarin kartu kredit. Bzzzz..
btw, ternyata yang telepon adalah Mas Dias dari Sarihusada. Dia bilang gue lolos untuk interview Director Sarihusadaa..
OMG !! Kaget, seneng, shock, bahagia !
Sebelumnya gue uda mikir Sarihusada ga ada harapan. Apalagi uda ada yang interview kemaren-kemaren kann.. But Thanks God, rencana Tuhan emang ga pernah terpikirkan.

5b. Interview Director Sarihusada ( 15 Desember 2015)
Gue ngga tau kenapa kalo Sarihusada bilangnya Director, tapi kalo Nutricia itu VP. Gue interview jam 11 siang di Cyber 2 tower.
Berhubung gue uda stay di Jakarta, jadi ya jam 10 baru jalan dari rumah. heheh.
Jam 10.45 gue sampai di Cyber 2 Tower. Tiba-tiba gue ditelpon sama mba Tris, katanya interviewnya di Starbucks lantai dasar aja. WOW ! Gue malah lebih deg-degan kalo interview di tempat terbuka. Kalo di kantor kan lebih sepi ga berisik.
Gue nunggu depan Starbucks. Gue heran kenapa rame banget di bawah. Ternyata pas ketemu mba Tris dan mas Dias, mereka bilang kalo lagi ada Fire Drill. Oh pantesan ! Jadi semua pada turun ke lantai bawah deh.
Gue interview sama Mr. AH . Beliau orang indonesia asli. Tapi tetep interviewnya in English.
Interviewnya sekitar 30an menit. Sama seperti interview VP  Nutricia, pertanyaannya mendalam. Cuman kali ini ga disuruh gambar grafik. Hahahaha.
Selesai gue interview, lagi jalan keluar Starbucks, ternyata semua orang di suruh keluar gedung. Dari lantai 12 ternyata ada asap dan ada pemadam kebakaran. rame banget di luar gedung. Gue juga ikutan di sana, berasa orang yang kerja di sana (AMIN).
hahahaha nonton bentar 5 menit, gue langsung otw pulang.


Setiap hari kek biasa, gue selalu mantauin kaskus. Kata orang yang nanya ke HR sih, yang uda interview VP/Director, lolos atau ngga akan tetep dikabari. Jadi kalo yang ga lolos, ga akan dibiarin nunggu.


Tanggal 22 Desember 2015 ...
Gue lagi di Gojek otw ke Fatmawati buat interview kerja yang lain (oportunis). Tiba-tiba dapat telepon dari mba Tris. Ga gue angkat, soalnya gue lagi di jalan dan taulah yah, helm nya ga bisa diselipin handphone gue. HAhah
Akhirnya 10 menit kemudian, ada email dari mba Tris. Ternyataaaa, gue lolos interview director, dan lanjut ke tahap Medical Check Up. SENENGNYA bukan main.
Ditanyain mau medcheck di Prodia mana dan kapan bisanya. Ya uda gue bales deh, gue bilang gue bisanya di Prodia Kramat, Senen, Jakarta Pusat.

Tangal 23 Desember 2015
Jam 17.40, tiba-tiba ada telepon dari mas Peter Nutricia.. Waduh ?
Pembicaran dengan Mas Peter berlangsung serius. Gue deg-degan, soalnya mas Peter ngomongnya keliatan banget lagi serius penting. Singkat cerita, ternyata gue LOLOS juga untuk MT Nutricia. Jeng-jeng-jeng.. Seneng (banget) .
Tapi berhubungan gue juga lolos Sarihusada, jadi kata mas Peter, untuk saat ini, gue belum bisa ditentuin jadinya masuk ke Sarihusada atau Nutricia. Untuk Medcheck, saat ini yang ngurus mungkin mba Tris Sarihusada, tapi ga menutup kemungkinan nanti gue dapetnya Nutricia. Jadi katanya, awal januari saat para VP/Director selse cuti, mereka yang akan rapat nentuin gue ditempatin dimana.
Wah Thanks GOD ... Gue berdoa terus, biarlah Tuhan yang menentukan gue ada dimana karena hanya Tuhan yang tau yang terbaik buat gue apa. HEhehe


6. Medical Check Up
Tanggal 29 Desember 2015
Gue medcheck di Prodia Kramat, karena Prodia disini yang paling deket dengan rumah. Medchecknya sederhana, tapi ngantri nya lamaa bangettt... Dan habis medcheck ini, gue jadi takut ngambil darah lagi, abis jarum di prodia tebeel bangeeet.. sereeem.. dan pembuluh darah gue susah di carii .. hikss

Nunggu dari 29 Desember sampai entah kapan, masih belum dikabari hasil nyaa.. Pengen tau sih sbnrnyaa diletakkin di Nutricia atau Sarihusada..
Deg..Deg..Deg...

Tanggal 13 Januari 2016
Gue di tanya sama salah satu HR, lebih prefer Nutricia atau Sarihusada. Jeng jeng.. Ternyata di kasih kesempatan sama Tuhan untuk milih.. Sejujurnya gue ga tau harus milih mana, karena menurut gue, 2-2nya it's okay..
Akhirnya setelah konsultasi, kepo", nanya sana nanya sinii,, gue memutuskan untuk prefer Nutricia ..


7. Offering Day 
Tanggal 19 Januari 2016
Hari yang ditunggu" akhirnya tiba. Penantian yang begituu panjang, proses recruitment yang begituu memakan waktu, akhirnya semua membuahkan hasil yang manis. Hari ini, masuk ke Gedung Cyber 2 Tower tidak lagi dengan perasaan deg-degan karena mau interview, namun dengan perasaan bahagia dan penuh sukacita karena akan menjadi awal yang baru untuk lingkungan yang baru.

Bersyukuuur banget sama Tuhan. Emang ya, Tuhan punya rencana indah. Namanya kerjaan emang jodoh-jodohan. Kalo emang jodoh, kita uda pasti di sana.
Semua yang gue tulis di atas adalah pure pengalaman gue.
Gue seneng bisa ngalamin ini semua.. Segala perjuangan, harus PP jakarta-jatinangor, harus ijin sana sini karena jadwal bentrok, tapi pada akhirnya semua WORTH IT banget..

Sekian dulu sharing pengalamannya.
Kalo ada yang mau ditanyakan, silakan di tanyakan. Boleh email ke sharrencelcilia@gmail.com..


Regards,




Sharren Celcilia, S.Farm., Apt. (Gelarr sudah bertambah)

Related Articles

12 komentar:

  1. you are doing great, hope God give me a chance to pursuing my goal the way you did :)

    warm regards, ~Ardila

    BalasHapus
  2. very long journey :) u did a great job and give ur best effort to complete this MT recruitment :) GBU

    BalasHapus
  3. semoga suksesnya nular :D
    Salam kenal

    BalasHapus
  4. Hi All !
    Thank you for visiting my blog :)
    Sorry can't reply all the comments directly due to outdated technology :")
    If you have anything to ask, do not hesitate to email me coz i'll reply you as soon as possible.

    Good luck :)

    BalasHapus
  5. aku baru mau LGD nih, semoga bisa sukses kaya kamu ya. Thank you post nya ngebantu banget.

    BalasHapus
  6. Selamat Siang,
    saya sudah membaca blog anda, sangat mudah di pahami dan saya sangat tertarik untuk bekerja sama dengan anda, kami dari Forexmart menawarkan kerja sama affiliasi yang sangat menguntungkan untuk anda, jika anda berminat dan tertarik dengan penawaran ini bisa menghubungi email saya di hellokittykucing89@gmail.com dan saya akan memberikan informasi yang lebih lengkap mengenai penawaran kerjasama ini.
    Terima Kasih dan salam sukses untuk anda

    BalasHapus
  7. aku bacanya ikut deg deg an dan bayangin kalo aku yg ngalamin... semoga aku juga bisa lolos MT juga.. Aamiin..

    BalasHapus
  8. menarik banget nih perjalanannya, keren!

    BalasHapus
  9. SALUTE MBAK SAMA PERJUANGANNYA . SALAM SEJAWAT

    BalasHapus
  10. Perjalanan dan perjuangan luar biasa ya kak. Smoga saya bisa seperti kakak bergabung di danone

    BalasHapus